Minggu, 26 Februari 2012

Aku Tak Punya Ringgit


Oleh: udinankal

Umumnya orang yang tinggal di daerah perbatasan punya mata uang Ringgit Malaysia, tetapi aku tidak!! Orang-orang daerah perbatasan menggunakan mata uang Ringgit untuk keperluan belanja.

Saya tidak memiliki mata uang tersebut karena tidak sering berbelanja di daerah batas, selain itu saya memang lebih mengutamakan menggunakan mata uang Rupiah,,dan bangga memiliki mata uang Rupiah.


Kabupaten Bengkayang, tepatnya daerah sanggau ledo yang dekat dengan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Jaggoi Babang untuk daerah Indonesianya, dan Serikin untuk daerah Malaysianya.

 Kebanyakan orang mempunyai uang Ringgit supaya mudah berbelanja ke Serikin. Saya sendiri belum pernah sampai ke Serikin. Itu sebab mengapa saya tidak perlu uang Ringgit, buat apa emangnya? Belanja di kampung bisa menggunakan Rupiah.     

Teman saya yang satu ini tidak kalah dari teman-teman yang lain yang tinggal didaerah perbatasan, Ika nama panggilannya, dia seorang guru. Dia menyimpan mata uang Ringgit, walaupun bukan untuk keperluan belanja.

“Aku simpan Ringgit untuk pengkaras dompet,” kata Ika ketika ku tanya soal hal itu. Dia menjelaskan, pengkaras itu digunakan untuk penarik rejeki biar ada uang terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar