Sabtu, 10 Maret 2012

Produk Malaysia Laris Di Sanggau Ledo


oleh: Udin
Beras produk Malaysia

Gula produk Malaysia

Sirup produk Malaysia

Di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, tepatnya di Sanggau Ledo. Bagi masyarakat setempat tidaklah heran kalau hampir setiap toko yang berada di sekitar pasar banyak menjual produk dari negeri jiran tersebut.


Saya merasa terkejut, walaupun sudah dua tahun ini sering melewati, bahkan singgah di pasar Sanggau Ledo, saya tidak memperhatikan dan tidak merasa ingin tahu tentang produk apa yang orang-orang jual.



suatu hari, tanggal 5 Maret 2012, saya singgah di salah satu toko hendak membeli buku tulis, pemilik toko langsung bertanya, 


"mau beli apa", 


jawab saya "beli buku tulis"


sambil melihat isi dalam toko tersebut, tampak beras yang di kemas dalam karung, cap 3A Boy. Saya heran karena cap kemasan karung beras tersebut asing bagi saya,tidak puas begitu saja sayapun mendekat dan membaca, ternyata beras tersebut produk Malaysia.


saya bertanya pada pemilik warung,seorang ibu yang bernama Yuliana.


"bu, beras ini dari Malaysia ya"


Ibu itu menjawab "iya"


sayapun segera langsung bertanya lagi " selain beras,produk Malaysia apa saja Bu yang di jual? "


Ibu "wah...banyak dek, ada minyak goreng,sirup botol, snack, gula, cream crackers, kraker sayuran dan milo".


Ternyata banyak produk Malaysia yang dijual, berdasarkan keterangan pemilik toko, mereka mendapatkan atau beli dari Seluas, daerah yang dekat dengan perbatasan Indonesia-Malaysia. mereka senang menjual produk Malaysia karena modal membelinya rendah, sedangkan harga jualnya kurang lebih sama dengan produk Indonesia,selain cepat laku, itulah alasan para pedagang senang menjual produk Malaysia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar